Halo

Halo semua! Terimakasih karena sudah membuka blog saya. Blog ini dibuat untuk kepentingan banyak orang dan kiranya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh khalayak umum. Saya menyadari kalau blog ini masih banyak kekurangan karenanya saran dan kritik dari pengunjung amat saya nantikan. Terimakasih.

Rabu, 09 April 2008

Info Beasiswa

Saya memiliki beberapa informasi tentang program beasiswa ke luar negeri, semoga bermanfaat.

Sekarang saya hanya ada info tentang Singapura dan Jepang…

a. Singapura

Singapura punya dua universitas negeri, yaitu National University of Singapore(NUS) dan Nanyang Technological University(NTU). Yah, walau NUS bukan universitas ‘bule’( walau banyak yang ngajar dari mancanegara) tapi universitas ini masuk dalam top 10 universitas di Asia dan selalu di atas universitas-universitas di Australia. Walau kurang membanggakan karena bukan sekolah bule tapi reputasi sekolah ini memudahkan siswanya melanjutkan pendidikan ke Jepang.

Beasiswanya ada yang bersifat coursework (sulit masuknya, karena banyak saingannya seluruh ASEAN), dan ada lagi yang berbasis riset S2/S3 (lebih gampang). Untuk beasiswa berbasis riset dapat mengambil formulir pendaftaran (download dari www.nus.edu.sg atau www.ntu.edu.sg) . Juga lampirkan proposal riset. Bahkan bias tanpa riset, dengan cara komunikasi dengan profesornya dulu (lewat email) dan memintanya memberi alternative research plan. Pokoke, asal menunjukkan minat saja.

Beasiswa bulanan adalah SG$1400, tanpa tiket pesawat (kecuali yang ASEAN scholarship). Biaya hidup bulanan (hidup enak) sekitar SG$1000, jadi masih bias nabung SG$400…. Hehehe…

b. Jepang

Sebenernya kalau di Jepang sana, cukup banyak beasiswa, namun saying tidak banyak yang full biayain kuliah ama hidup. Bahkan untuk S3 aja musti bayar.

Pemerintah juga ngasih beasiswa Monbusho pada orang-orang Indonesia. Ada 2 jenis beasiswa Monbusho. Yang pertama adalah harus pegawai negeri atau dosen, pelamar harus lolos seleksi dan dicarikan pembimbing/professor yang sesuai minat. Sedangkan yang satu lagi pelamar harus aktif mecarikan dan berkomunikasi dengan professor.
Di kedutaan Jepang di Jl.H>M> Thamrin banyak info mengenai beasiswa Jepang.
Berikut website-website dan alamat-alamat mengenai beasiswa Jepang:
1. INPEX Foundation = 14 F Ebisu Neorato 4-1-18 Ebisu, Shibuya-Ku, Tokyo 150-0013 Japan
2. OKAZAKI Scholarship Foundation = Untuk melanjutkan S2/S3, yaitu di 3-2-5 Kasumigaseki, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0013 Japan
3. Hitachi Scholarship = 1-5-1 Maranouchi, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0005 Japan
4. Matsushita Electrical = http://www.panasonic.co.id atau kontak e-mail : PAN11311@pas.me.co.jp


----Thankyou for Reading---

Tidak ada komentar: